Contoh Benda Berbentuk Bola

Contoh Benda Berbentuk Bola - Bola merupakan bangun ruang tiga dimensi yang hanya memiliki satu sisi, bola dibentuk oleh tak hingga lingkaran dengan jari-jari yang sama panjang dan berpusat pada titik yang sama. Bangun ruang bola tidak memiliki titik sudut dan rusuk.

Banyak benda-benda berbentuk bola yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya benda berbentuk bola yang sering kita gunakan dalam permainan olahraga, seperti bola basket, bola sepak, bola voli dan lain-lain. Selain itu contoh lain yang memiliki bentuk seperti bangun ruang bola adalah buah semangka, buah melon dan sebagainya.

Contoh Benda Berbentuk Bola

Pada pembahasan kali ini kita akan mengetahui beberapa benda yang berbentuk bola, apa sajakah benda-benda yang berbentuk bola, berikut ini contoh benda-benda berbentuk bola.

Contoh Benda Berbentuk Bola


1. Kelereng


Kelereng merupakan bola kecil yang terbuat dari marmer, kaca atau tanah liat untuk permainan anak-anak. Teknologi untuk membuat kelereng dengan bahan dasar kaca ditemukan di jerman pada tahun 1864, kelereng yang mulanya hanya satu warna, menjadi warna warni seperti permen. Kelereng merupakan salah satu contoh benda yang berbentuk bola.

2. Bola Sepak


Bola sepak merupakan bola yang digunakan dalam permainan sepak bola, bola dalam sepak bola juga sering disebut dengan bola bliter. Jika dilihat dari perkembangannya bola yang digunakan dalam permainan sepak bola telah mengalami perubahan yang signifikan. Bola sepak merupakan benda yang berbentuk bangun ruang bola.

3. Bola Voli


Bola voli merupakan contoh benda lainnya yang berbentuk bola. Bola voli dimainkan dalam permainan olahraga yang terdiri dari dua grup berlawanan. Jumlah pemain dalam satu grup permainan bola voli terdiri dari enam orang.

4. Bola Basket


Bola basket merupakan bola yang digunakan dalam permainan olahraga basket, berat bola basket adalah 600-650 gram, terbuat dari bahan karet yang memiliki lapisan sejenis kulit. Dalam permainan olahraga basket terdiri dari dua tim, masing-masing tim beranggota lima orang yang saling bertanding memasukkan bola ke keranjang lawan untuk mencetak poin. Bola basket merupakan benda berbentuk bola.

5. Bola Golf


Bola golf merupakan benda berbentuk bola yang digunakan dalam permainan golf. Diameter pada bola golf minimum adalah 42,67 mm dan harus memiliki massa lebih dari 45,93 gram. Golf adalah permainan yang dimainkan diluar ruangan, dalam permainan golf para pemain berlomba untuk memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan.

6. Bola Tenis


Bola tenis merupakan bola yang digunakan dalam permainan olahraga tenis. Tenis merupakan salah satu cabang olahraga olimpiade dan dapat dimainkan oleh semua tingkat masyarakat disegala usia. Bola tenis merupakan contoh benda berbentuk bola.

7. Bola Bowling


Bola bowling merupakan benda berbentuk bola yang digunakan dalam permainan bowling. Permainan bowling dimainkan dengan cara menggelindingkan bola menggunakan satu tangan ke arah pin yang disusun berjumlah sepuluh buah.

8. Bola Billiard


Bola billiard merupakan contoh benda berbentuk bola lainnya dan digunakan dalam permainan billiard, bola billirad berukuran kecil dan keras. Permainan ini dimainkan diatas meja menggunakan peralatan dan memiliki peraturan sendiri.

9. Balon


Balon merupakan benda yang terbuat dari bahan semacam karet. Balon modern ditemukan pada tahun 1800-an oleh Michael Faraday. Balon pada umumnya berisi gas dan beberapa jenis balon umumnya berbentuk bola.

10. Globe


Kata globe berasal dari kata "globus" yang dalam bahasa latin berarti bola yang bulat. Globe merupakan model tiruan bumi yang memberi gambaran bentuk bumi. Globe merupakan contoh benda lainnya yang berbentuk bola.

11. Semangka


Tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan ini umumnya mempunyai bentuk buah seperti bola. Buah semangka juga merupakan salah satu buah yang kaya akan Vitamin. Dalam penyajiannya buah semangka dapat dimakan segar atau di jus.

12. Melon


Melon merupakan salah satu buah yang juga termasuk dalam suku labu-labuan. Buah melon berbentuk bola. Buah melon juga memiliki manfaat dan vitamin yang berlimpah. Dalam penyajiannya buah melon dapat dimakan segar atau sebagai campuran es buah.

13. Jeruk


Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C, selain itu flavonoid pada jeruk juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memiliki efek antiinflamasi atau anti radang. Jeruk merupakan buah yang berbentuk bola.

14. Bakso


Pada umumnya bakso dibuat dari campuran daging sapi giling serta tepung tapioka, selain daging sapi ada juga bakso yang dibuat dengan campuran daging ayam atau ikan. Bakso yang sering kita temukan umumnya berbentuk bola.

15. Kue Onde-Onde


Kue onde-onde merupakan jajan populer yang dapat kita temukan di pasar tradisional. Onde-onde terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng atau direbus lalu ditaburi biji wijen. Onde-onde berbentuk bola.

Demikian artikel tentang Contoh Benda Berbentuk Bola, semoga bermanfaat. Jika kamu mengetahui benda berbentuk bola lainnya, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini.
Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Contoh Benda Berbentuk Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd