Advertisement

7 Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa atau Pelajar

7 Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa atau Pelajar - Membeli laptop bukanlah hal yang mudah. Bahkan, beberapa mahasiswa dan pelajar kerap salah beli sehingga fitur yang benar-benar dibutuhkan tidak didapatkan. Akhirnya alih-alih menggunakan laptop yang dibeli, mereka malah lebih memilih menjualnya murah lalu membelinya lagi.

7 Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa atau Pelajar

Nah, agar kamu tidak salah beli, mari kita simak 7 tips membeli laptop untuk mahasiswa atau pelajar di bawah ini.

Tips Membeli Laptop untuk Mahasiswa atau Pelajar 


1. Sistem Operasi


Normalnya sistem operasi yang digunakan oleh mahasiswa atau pelajar adalah Windows. Namun, ada beberapa mahasiswa justru membutuhkan sistem operasi Mac untuk mengerjakan tugas dari dosen atau guru. Dua sistem operasi ini memiliki banyak perbedaan. Ada aplikasi yang tidak bisa dipasang di Windows atau sebaliknya. Jadi, pastikan terlebih dahulu sistem operasi apa yang kamu butuhkan.

Jika laptopnya belum memiliki OS, kamu bisa meminta penjualnya untuk memasangkan sistem operasi terlebih dahulu atau kamu juga dapat memasangnya sendiri.

2. Ukuran Laptop


Setiap orang memiliki preferensi sendiri-sendiri terkait dengan ukuran dari laptop yang akan dibeli. Ada yang suka layarnya besar karena bisa leluasa saat mengerjakan tugas. Namun, tidak sedikit juga yang lebih menyukai laptop dengan ukuran layar yang kecil karena lebih ringan saat dibawa dan tidak memakan tempat di dalam tas.

Sebelum memutuskan membeli laptop, tentukan dahulu ukuran yang diinginkan. Jika kamu sering bepergian dan mengerjakan tugas secara remote, lebih baik pilih yang ukurannya kecil agar lebih ringan saat membawanya ke mana-mana. Selain itu, dengan membawa laptop yang memiliki ukuran kecil, kamu juga tidak perlu membawa tas yang terlalu besar.

3. Spesifikasi Laptop


Spesifikasi laptop merupakan hal penting yang harus kamu pertimbangan sebelum membeli laptop. Dengan spesifikasi yang sesuai, kamu bisa memaksimalkan kinerja dari laptop sehingga segala jenis tugas yang dikerjakan bisa selesai dengan cepat dan lancar. Saat mengerjakan tugas, kamu tidak akan menemui laptop yang lambat.

Jika kamu menggunakan laptop untuk keperluan sederhana saja, misal melakukan pengetikan, kamu dapat memilih laptop dengan spesifikasi yang standar, namun jika kamu menggunakan laptop untuk keperluan desain atau membuat video untuk tugas, kamu harus mempertimbangkan RAM yang ukurannya besar, kartu grafik, penyimpanan dan sistem operasi. Jika hal tersebut tidak dipertimbangkan, proses desain atau pembuatan video bisa berjalan lambat.

Jadi, pertimbangkan fungsi dari laptop yang akan dibeli, jika laptop akan digunakan untuk keperluan grafis, spesifikasi dan kinerja laptop menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan.

4. Baterai


Pemilihan baterai sangat krusial karena akan menentukan kinerja dari laptop, jika kamu berada di luar ruangan. Dengan baterai yang tidak awet, laptop harus berada di dekat colokan listrik. Jika sampai daya habis dan tidak ada sumber daya, laptop akan mati dan tidak bisa digunakan lagi.

Jadi, Jika kamu sering berada di luar selama 2-3 jam tanpa ada colokan listrik, pilih laptop yang dayanya mampu bertahan 3 jam. Jika kamu memilih laptop yang dayanya hanya mampu bertahan 2 jam kurang, pekerjaan atau tugas yang kamu lakukan tidak akan bisa selesai dengan maksimal.

Sebelum membeli laptop lakukanlah riset terlebih dahulu terkait dengan daya baterai yang dimiliki laptop tersebut. Pastikan, saat internetnya menyala atau digunakan untuk menjalankan program atau aplikasi, baterai tidak akan terkuras habis dengan cepat.

5. Merek Laptop


Beberapa merek laptop memiliki beberapa kecenderungan. Ada yang memiliki baterai awet, layar bagus, hingga adanya bundling sistem operasi sehingga Anda menggunakan OS resmi. Sebelum membeli laptop pastikan merek yang kamu beli banyak digunakan masyarakat dan dikenal dengan performanya yang bagus.

6. Budget yang Dimiliki


Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli laptop lainnya tentu saja adalah budget yang kamu miliki. Pertimbangkan fungsi terlebih dahulu. Pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu, yang terpenting laptop tersebut dapat berjalan dengan baik dan bisa digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kamu tanpa hambatan.

7. Garansi


Garansi sangatlah penting, jika suatu saat laptop kamu mengalami masalah, kamu dapat membawanya ke toko tempat kamu membeli laptop tersebut, masa garansi laptop bisa berbeda-beda, oleh karena itu kamu juga harus memperhatikan masa berlaku garansinya.

Itulah 7 tips membeli laptop untuk mahasiswa atau pelajar. Semoga bermanfaat dan bisa kamu gunakan sebagai referensi. Jika kamu mempunyai tips lainnya silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email :

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa atau Pelajar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel