Pengertian, Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer – Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari komputer-komputer dan perangkat-perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung satu sama lain, bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Dengan adanya jaringan komputer pertukaran informasi dapat menjadi lebih mudah, cepat dan efesien, informasi berpindah dari satu komputer ke komputer lainnya menggunakan jaringan

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer memiliki berbagai tujuan dan manfaat yang sangat membantu kita, apa saja tujuan dan manfaat jaringan komputer, simak uraiannya dibawah ini.

Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer


1. Sharing Resources


Dengan komputer yang saling terhubung satu sama lain, kita dapat berbagi sumber yang ada untuk digunakan secara bersama-sama, seperti peripheral, program, peralatan dan sebagainya tanpa harus terpengaruh oleh lokasi, sehingga dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang terhubung dalam jaringan tersebut.

2. Media Komunikasi


Selain sharing resources manfaat lain dengan adanya jaringan komputer yaitu dapat memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna jaringan, baik itu instant messaging, chatting, email, teleconference ataupun mengirim informasi penting lainnya.

3. Integrasi Data


Dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat. Setiap proses data di distribusikan ketempat lain atau dapat dikerjakan oleh komputer lain yang saling terhubung dalam jaringan, jadi setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja.

4. Keamanan Data


Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan data melalui pengaturan hak akses pengguna dan password, serta teknik perlindungan lainnya.

5. Web Browsing 


Untuk mengakses informasi yang ada pada jaringan. Hampir setiap orang yang membaca tulisan ini mungkin pernah menggunakan browser web, seperti google chrome, Mozilla firefox, safari, opera, internet explorer atau sebagainya. Dengan browser web memunkinkan kita untuk melihat informasi yang ada didalam web server di suatu tempat di dalam internet.

6. Pengembangan dan Pemeliharaan Menjadi Mudah dan Menghemat Biaya


Dengan adanya jaringan komputer, suatu komputer dengan komputer lainnya saling terhubung satu sama lain dan terhubung dengan berbagai perangkat lainnya, seperti peripheral, program, peralatan dan sebagainya yang dapat kita gunakan bersama-sama. Misalnya pada suatu perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan.
Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd