6 Manfaat Berbelanja Online

6 Manfaat Berbelanja Online - Hadirnya internet membawa perubahan besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Ada banyak hal dalam kehidupan ini yang terbantu oleh perkembangan internet. Dahulu kala untuk komunikasi kita membutuhkan telepon atau kertas untuk menulis surat. Kini dengan adanya internet kita dapat berkomunikasi secara real-time dan tanpa batas.

Perkembangan lainnya yaitu dari cara berbelanja. Dahulu kita berbelanja dengan datang langsung ke pasar atau mungkin mall. Sekarang belanja aneka kebutuhan bisa dilakukan secara online. Berbelanja secara online memberikan banyak manfaat baik untuk penjual atau pembeli. Untuk mengetahui seperti apa manfaat belanja online secara detail, simak ulasan di bawah ini.


6 Manfaat Berbelanja Online

Manfaat Berbelanja Online 



1. Terhindar dari Taktik Perangkap


Toko fisik yang ada di pasar atau pusat perbelanjaan biasanya memiliki cara untuk mempersuasi pembeli. Mereka akan menampilkan poster dengan desain yang baik dan menempatkan front liner yang pandai berbicara sehingga barang-barang yang awalnya tidak ingin Kamu beli justru terbeli karena merasa risih atau terpengaruh.

Belanja secara online tidak akan membuat Kamu berhadapan langsung dengan pemilik toko atau pegawainya. kamu cukup memilih barang mana saja yang ingin dibeli dan membayarnya. Taktik atau perangkap penjual yang ingin barangnya dibeli meski bukan yang Kamu inginkan bisa dihindari.

2. Tidak Terikat Jarak dan Waktu


Beli barang di pasar atau pusat perbelanjaan terikat oleh waktu dan jarak. Pembeli dan penjual hanya akan melakukan transaksi saat jam buka pasar atau pusat perbelanjaan. Setelah itu, transaksi tidak bisa dilakukan karena toko tutup sehingga kalau ingin beli harus menunggu hari berikutnya.
Menjual barang di pasar atau pusat perbelanjaan, target pasarnya tentu orang yang ada di sekitar sana. Pembeli yang ada di luar kota atau bahkan pulau tidak bisa berbelanja di sini karena lokasi jauh.

Dua masalah di atas bisa diselesaikan dengan mekanisme belanja online. Kamu tidak perlu lagi mematok jam buka dari toko kalau menjual barang. Pun pembeli bisa beli kapan saja.
Karena konsepnya online, pembeli dari mana saja bisa membeli. Mau luar kota, luar pulau, hingga luar negeri sekali pun, Kamu masih bisa melakukan prosesnya dengan cepat dan tanpa hambatan.

3. Hemat Waktu dan Tenaga


Berbelanja secara langsung di pasar atau pusat perbelanjaan sangat menyita waktu. Kamu harus datang ke sana jika ingin membeli barang. Perjalanan dari rumah ke sana cukup membuang waktu dan waktu untuk mencari toko yang menjual juga cukup menguras tenaga. Selain itu, barang yang ingin kita beli tidak semuanya ada di dalam toko. Karena kita tidak bisa mengecek stok yang ada, kemungkinan barangnya habis cukup besar. Bisa dibayangkan kan sudah jauh-jauh datang ke pusat perbelanjaan lalu stoknya tidak ada.

Berbelanja secara online tidak akan menguras waktu dan tenaga Anda. Transaksi pembelian bisa dilakukan kapan saja dan di mana. Bahkan saat Kamu sedang bekerja sekali pun, barang bisa dibeli dengan mudah.

4. Banyak Pilihan Barang dan Harga


Membeli barang secara online membuat Kamu mudah memilih berbagai barang yang diinginkan. Kamu tidak perlu mengobrak-abrik stok toko yang menguras energi. Yang perlu dilakukan adalah berada di depan komputer untuk membuka galeri produk yang disediakan oleh penjual.

Selain memilih banyak barang yang diinginkan. Membeli barang secara online juga memungkinkan Kamu membeli barang yang jauh lebih murah. Cari tahu harga barang di beberapa platform toko online. Jenis barang yang sama kadang memiliki harga yang berbeda. Kamu bisa memilih yang termurah agar lebih hemat.

5. Ada Potongan Harga


Potongan harga adalah hal yang paling disukai oleh pembeli. Potongan harga ini kerap tidak akan Kamu dapatkan di toko fisik seperti di pasar atau pusat perbelanjaan. Mau tawar-menawar pun kalau tidak ahli juga membuat harga barang tidak akan turun.

Di toko online, diskon biasanya banyak bermunculan dengan besaran tertentu. Saat ada promo khusus seperti Hari Belanja Online Nasional, diskon yang diberikan bisa sampai 80%.

6. Privasi Terjaga


Berbelanja secara online akan membuat Kamu tidak malu membeli barang-barang tertentu. Ada kalanya, beberapa barang membuat beberapa orang malu saat membelinya. Agar privasi Kamu tetap terjaga dan terhindar dari malu, barang bisa dibeli secara online.

Saat berbelanja online, orang lain tidak akan tahu apa yang Kamu beli. Pun barang yang nantinya dikirim selalu dikemas rapi sehingga tidak kelihatan apa isinya. Jadi, Kamu bisa membeli apa saja dengan bebas tanpa takut privasinya akan terganggu.

Itulah beberapa manfaat berbelanja online. Dengan manfaat di atas, Kamu tidak perlu ragu lagi untuk berbelanja, yang penting berhati-hati dan semua akan berjalan dengan lancar.

Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "6 Manfaat Berbelanja Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd