Tujuan Dan Manfaat Penjelajahan

Tujuan Dan Manfaat Penjelajahan - Penjelajahan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau aktivitas perjalanan kaki yang biasanya dilengkapi dengan permainan atau petualangan, penjelajahan dapat dilakukan di alam terbuka. Terdapat beberapa bentuk-bentuk  penjelajahan seperti penjelajahan alam bebas, penjelajahan pantai, penjelajahan sungai dan lain-lain.

Sebelum melakukan aktivitas penjelajahan salah satu hal yang perlu kita siapkan adalah membuat rencana kegiatan penjelajahan, hal ini dilakukan agar pelaksanaan penjelajahan dapat berjalan dengan baik, aman, nyaman dan tentunya dapat berjalan dengan lancar.

Didalam rencana kegiatan terdapat rancangan kegiatan penjelajahan dan juga persiapan penjelajahan. Rancangan kegiatan penjelajahan dapat berisi tentang perkiraan waktu penjelajahan, penentuan lokasi dan biaya dan pembagian tugas, sementara persiapan penjelajahan dapat di lakukan dengan persiapan perlengkapan atau peralatan dan juga perlengkapan persiapan mental dan fisik peserta.

Tujuan Dan Manfaat Penjelajahan

Kegiatan penjelajahan tentunya memiliki tujuan dan manfaat. Lalu apa sajakah tujuan dan manfaat dari penjelajahan? Dibawah ini adalah beberapa tujuan dan juga manfaat yang dapat kita peroleh dari kegiatan penjelajahan.

Tujuan Dan Manfaat Penjelajahan


Tujuan Penjelajahan


1. Meningkatkan rasa syukur atas ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

2. Meningkatkan kemampuan keterampilan, keamanan, kedisiplinan dan rasa tanggung jawab.

3. Membina kesehatan, kebugaran fisik, mental, emosional, sosial, mendapatkan kegembiraan dan mengendorkan ketegangan jiwa serta mengisi waktu luang.

4. Mengenal lingkungan atau alam sekitar lebih dekat dan meningkatkan kemampuan saling bekerjasama dengan kelompok.

5. Meningkatkan pengetahuan tentang penjelajahan dan keterampilan yang di perlukan untuk menjelajah alam.

6. Meningkatkan ilmu pengetahuan dalam berbagai aspek. Seperti Ilmu pengetahuan tentang alam, sosial dan lain-lain.

7. Lebih menghargai alam dan lingkungan

Manfaat Penjelajahan


1. Meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pencipta Alam Semesta.

2. Menemukan dan mengetahui hal-hal baru.

3. Menambah keterampilan, pengetahuan dan pengalaman baru.

Dari tujuan-tujuan dan manfaat diatas, agar kegiatan penjelajahan dapat berjalan dengan lancar tentunya kita juga perlu mempersiapkan berbagai perlengkapan yang di perlukan dalam kegiatan penjelajahan. Penjelajahan merupakan aktivitas yang membutuhkan persiapan mental dan fisik serta penentuan tempat yang cocok, penentuan tempat dalam penjelajahan di tentukan sesuai dengan bentuk penjelajahan tersebut.
Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Dan Manfaat Penjelajahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd