5 Manfaat Komputer dalam Bidang Pendidikan

5 Manfaat Komputer dalam Bidang Pendidikan - Komputer memiliki banyak manfaat yang besar dalam berbagai bidang. Dalam bidang perdagangan, komputer bermanfaat untuk mencatat arus jual-beli, dalam dunia desain, komputer berguna untuk melakukan desain, melakukan manipulasi gambar, dan aneka konten branding. Selain itu, komputer juga bermanfaat dalam bidang pendidikan, seperti membantu para pengajar dalam menyajikan materi pelajaran, memberi variasi belajar dan sebagainya.

5 Manfaat Komputer dalam Bidang Pendidikan

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat komputer dalam bidang pendidikan, mari kita simak uraiannya di bawah ini.

5 Manfaat Komputer dalam Bidang Pendidikan


1. Variasi Belajar


Variasi belajar adalah hal penting dalam dunia pendidikan agar peserta didik tidak mudah bosan. Jika kegiatan pembelajarannya hanya dilakukan dengan memberikan materi, tanpa adanya variasi belajar, ilmu yang diberikan akan sulit masuk dengan maksimal. Jika murid bosan, ilmu yang diberikan sulit untuk terserap dengan sempurna.

Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya guru atau pengajar membuat media belajar manipulatif. Untuk media belajar manipulatif, biasanya guru membawa alat peraga yang bisa digunakan untuk menjelaskan materi tertentu. Misalnya saat menjelaskan tata surya, mereka membawa miniatur yang terdiri dari matahari dan planet yang mengelilinginya.

Media belajar selanjutnya adalah dengan menggunakan komputer untuk menjelaskan materi kepada siswa. Beberapa pengajar biasanya membuat materi presentasi yang diselipi dengan gambar dan video, hal tersebut tentunya dapat membuat proses belajar lebih variatif.

2. Membuat Siswa Menjadi Kreatif


Selain bermanfaat untuk guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan, komputer juga bermanfaat untuk siswa. Mereka dapat memanfaatkan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas dan membuat sesuatu yang lebih menarik dan kreatif, seperti membuat presentasi yang menarik untuk ditampilkan.

Dalam beberapa bidang ilmu, siswa juga diminta untuk membuat semacam makalah. Dengan tugas ini, siswa akan dituntut untuk terus kreatif dalam membuat sebuah konten. Mereka harus mencari banyak materi lalu merangkumnya menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat.

Kreativitas siswa juga akan meningkat jika mereka dapat menjalankan beberapa aplikasi untuk pengetikan, penghitungan, atau desain. Dengan menguasai aplikasi terebut, mereka dapat dengan mudah mengaplikasikannya untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru atau menjadi soft skill yang bermanfaat dalam dunia pekerjaan.

3. Sumber Informasi


Dalam era globalisasi ini, sebagian besar komputer yang ada di sekolah atau universitas sudah terhubung dengan internet. Dengan koneksi ini, siswa dapat dengan mudah mencari informasi dalam mengerjakan tugas. Materi yang digunakan sebagai bahan ajar tidak hanya berasal dari buku saja, tapi juga dari berbagai web atau jurnal dari internet.

Dengan sumber yang melimpah di internet, siswa bisa mencari berbagai info yang dibutuhkan. Guru yang berada di dalam kelas hanya perlu mengawasi lalu mengarahkan siswa agar memanfaatkan internet dengan benar.

Komputer yang terhubung dengan internet memang memberikan manfaat yang banyak khususnya untuk pencarian informasi. Namun, internet juga menyimpan beberapa hal negatif. Agar siswa tetap fokus dengan materi, koneksi internet dapat diberi filter agar web dengan muatan negatif dapat diblokir.

4. Sarana Komunikasi


Komputer juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara guru dan murid. Komunikasi yang dimaksudkan di sini bukan hanya komunikasi pribadi. Namun, komunikasi dalam hal konseling, pengajaran, atau bahkan tugas.

Guru bisa memberi tugas kepada siswa langsung melalui komputer. Misalnya mengirim tugas secara langsung melalui email kepada siswa. Dengan melakukan ini, tugas bisa diberikan secara realtime dan tidak ada batasan waktunya. Dengan komunikasi ini, siswa juga dapat mengirim tugasnya langsung kepada guru melalui email. Mereka tidak perlu lagi menulis di buku karena bisa mengetiknya secara langsung menggunakan komputer lalu mengirimnya.

5. Media Hiburan dengan Konten Edukasi


Dalam bidang pendidikan hiburan dapat berupa film atau video edukasi. Jadi, selain menghibur siswa, video juga memberikan edukasi secara halus dalam bentuk pesan moral. Hiburan ini dapat diberikan secara langsung saat materi berlangsung dalam bentuk ice breaking di tengah materi atau untuk pembuka dan penutup. Dengan adanya metode ini, siswa akan antusias sehingga dapat meningktkan konsentrasi belajar,

Itulah 5 manfaat komputer dalam bidang pendidikan. Semoga Bermanfaat.
Anur Al Hadyd Software Developer

2 Komentar untuk "5 Manfaat Komputer dalam Bidang Pendidikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd