Manfaat atau Kegunaan Email Bagi Manusia

Manfaat atau Kegunaan Email Bagi Manusia - Jika Kamu sering online, pasti sudah tidak asing lagi dengan email, sebuah surat elektronik yang memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya melalui jaringan internet. Salah satu manfaat email yang paling umum dan banyak digunakan ialah menjadi salah satu media mengirim surat secara cepat. Dengan koneksi internet yang baik, pengiriman surat menggunakan email hanya memerlukan waktu beberapa detik. Pengirimannya pun tidak terbatas ruang dan waktu. Sungguh sebuah bentuk kemajuan teknologi yang mengagumkan, kita dapat melakukan pengiriman surat hanya dalam hitungan detik.

Manfaat atau Kegunaan Email Bagi Manusia

Tanpa kita sadari, email juga ternyata memiliki banyak manfaat lain yang tidak kalah menariknya, lalu apa saja manfaat atau kegunaan email, khususnya bagi manusia? Mari kita simak uraiannya.


Manfaat atau Kegunaan Email Bagi Manusia



1. Media Pengiriman Dokumen dan Gambar dengan Kualitas Bagus


Lewat fitur lampiran (attachment) di email, Kamu bisa mengirim dokumen dan gambar dengan kualitas bagus. Tidak ada batasan jumlah pengiriman, sehingga Kamu bisa mengirim dokumen dan gambar sebanyak apapun. Syaratnya, dokumen dan gambar tersebut harus berbentuk soft file untuk bisa dikirim ke alamat email tujuan.

Soal kualitas tidak perlu diragukan, karena dokumen dan gambar yang terkirim lewat email akan serupa dengan file asli yang Kamu kirimkan. Untuk gambar, email tidak mengurangi jumlah pixel, ketika dikirim ke alamat tujuan. Jadi, gambar atau foto yang dikirim akan tetap terjaga kualitasnya, sesuai aslinya.

2. Bisa Digunakan untuk Media Komunikasi


Manfaat email satu ini sedikit jarang digunakan, karena pengguna lebih sering berkomunikasi di media sosial. Namun sebenarnya fitur berkomunikasi lewat email ini tidak kalah seru, jika dibandingkan dengan jejaring sosial pada umumnya.

3. Alternatif Media Promosi


Di dunia marketing online, pembahasan mengenai email marketing menjadi salah satu tren tersendiri. Jadi jangan heran, jika Kamu menemukan sejumlah online shop atau penyedia jasa lain menawarkan produk lewat email. Penggunaan email untuk promosi dinilai efektif, sehingga menjadi salah satu alternatif yang baik untuk para pebisnis.

Jika Kamu tertarik menggunakan email untuk promosi, sebaiknya mempelajari panduannya terlebih dahulu. Berbeda dengan media promosi lainnya, tentu ada keunikan dan strategi tersendiri promosi lewat email. Contohnya, penggunaan bahasa yang lebih personal, soft selling, dan sebagainya.

4. Sebagai Dasar untuk Membuat Akun Media Sosial


Salah satu syarat membuat akun media sosial ialah memiliki alamat email. Tanpa email, seseorang tidak bisa membuat akun di Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya. Inilah salah satu alasan email menjadi sangat penting.

Terkait dengan media sosial, alamat email digunakan untuk proses pendaftaran dan aktivasi akun. Selain itu, email juga sangat membantu ketika pengguna lupa password untuk masuk ke media sosial dan memberikan pemberitahuan informasi terbaru seputar akun media sosial Kamu. Satu lagi manfaat email ialah membantu mengamankan akun Kamu dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Akses Utama Masuk ke sejumlah Situs hingga Pembuatan Website


Umumnya website atau situs online bisa dibuka untuk umum. Namun, untuk beberapa jenis situs membutuhkan login dengan email, jika ingin mengakses lebih jauh. Misalnya, Kamu hendak mengunduh musik, jurnal online, dan sejenisnya. Untuk bisa melakukan hal tersebut, biasanya pemilik situs mengharuskan penggunanya memasukkan alamat email terlebih dahulu.

Di sisi lain, email menjadi akses utama, bila Kamu hendak membuat blog atau website. Blog dan website menggunakan email sebagai rumah utama mereka. Fungsinya beragam, mulai dari pendaftaran, aktivasi akun, pembaruan password, keamanan, dan sebagainya.

6. Akses Menuju Dunia Kerja 


Seiring kemajuan teknologi, email sekarang menjadi hal wajib di dunia kerja. Kalangan profesional menggunakan email untuk berbagai keperluan, termasuk perekrutan karyawan, pengiriman lamaran kerja, hingga undangan wawancara. Email memudahkan pencari pekerja dan pelamar pekerja terhubung secara tepat, cepat, hemat, dan efisien.

Itulah sejumlah manfaat email, email menjadikan berbagai hal terasa lebih mudah, efisien, murah, dan tepat. Sejumlah manfaat di atas bisa saja berkembang, seiring pengembangan teknologi. Kamu mungkin akan menemukan manfaat lain dari email yang berkaitan dengan kegiatan berbasis internet di kemudian hari.
Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Manfaat atau Kegunaan Email Bagi Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd