8 Tips Menghemat Baterai Smartphone untuk Performa yang Tahan Lama

8 Tips Menghemat Baterai Smartphone untuk Performa yang Tahan Lama - Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada kehabisan baterai ponsel saat Kamu tidak bisa menemukan daya listrik. Masalah ini sering dihadapi oleh pengguna smartphone aktif, terutama mereka yang sering beraktifitas di luar ruangan. Saat ini memang sudah ada perangkat power bank yang bisa membantu mengisi daya baterai tanpa memerlukan koneksi listrik secara langsung. Namun, bagaimana jika daya power bank tersebut juga habis?

8 Tips Menghemat Baterai Smartphone untuk Performa yang Tahan Lama

Salah satu cara adalah dengan mengikuti tips menghemat baterai smartphone. Terlebih lagi jika Kamu sedang dalam perjalanan jauh, tips ini akan sangat membantu menghemat daya, lebih baik hanya menggunakan ponsel saat kondisi darurat, ketimbang mengalami habis daya saat kondisi darurat, ada baiknya mencegahnya dengan menghemat penggunaan baterai.

Tips Menghemat Baterai Smartphone untuk Performa yang Tahan Lama


1. Jangan Gunakan Live Wallpaper


Tampilan live wallpaper memang menarik, tapi gambar yang bergerak pada layar smartphone bisa menguras daya baterai tanpa Kamu sadari. Saat akan bepergian atau menuju lokasi tanpa ada listrik, sebaiknya Kamu memasang wallpaper standar atau yang berwarna gelap. Terlebih jika gadget yang Kamu gunakan adalah merek Samsung dengan layar AMOLED. Daya yang terkuras untuk wallpaper gelap semakin sedikit.

2. Aktifkan Fitur Doze pada Android Marshmallow


Jika ponsel Kamu menggunakan sistem operasi Android Marshmallow, salah satu tips menghemat baterai smartphone yang bisa diterapkan adalah dengan mengaktifkan fitur Doze. Doze berfungsi untuk memaksimalkan performa baterai supaya tidak cepat habis.

3. Redupkan Tingkat Kecerahan


Untuk menghemat daya baterai, hindari menyetel tingkat kecerahan layar yang berlebihan. Tingkat kecerahan yang disarankan untuk mencegah kehabisan baterai harus disesuaikan dengan kondisi sekitar. Misalnya, jika berada di dalam ruangan, sebaiknya tingkat kecerahan tidak lebih dari 15%. Jika berada di ruang terbuka, Kamu bisa menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai kebutuhan, dan mengembalikan ke mode redup setelahnya.

4. Matikan Wi-Fi, Bluetooth dan Paket Data Saat Tidak di Gunakan


Jika Kamu sedang tidak menggunakan smartphone, ada baiknya untuk mematikan segala konektivitas pada smartphone Kamu, namun jika memang diperlukan hidupkanlah salah satu, jika Kamu menghidupkan konektivitas pada smartphone tanpa Kamu gunakan hal tersebut hanya akan membuang daya baterai kamu secara percuma.

5. Aktifkan Mode Pesawat


Jika sinyal tampak begitu lemah, dan Kamu tidak bisa menggunakan ponsel secara maksimal, tips menghemat baterai smartphone selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Memang, dalam mode ini, Kamu tidak bisa menggunakan ponsel untuk terhubung dengan dunia luar. Namun, smartphone masih bisa digunakan untuk memutar musik atau hiburan lain yang tersimpan di ruang penyimpanan ponsel.

6. Matikan Notifikasi Getar


Memasang notifikasi getar pada ponsel pintar bisa menguras daya baterai. Idealnya, menghemat baterai smartphone yang efektif adalah mematikan mode getar, atau menyetelnya pada mode senyap. Jika ragu apakah ada notifikasi masuk atau tidak, Kamu bisa mengecek dalam beberapa menit sekali dengan menekan tombol kunci.

7. Tutup Aplikasi yang Jarang Digunakan


Ada beberapa aplikasi yang terus berjalan dan melakukan pengunduhan data meski sedang tidak digunakan secara aktif. Solusinya, Kamu harus mengecek aplikasi-aplikasi yang menguras baterai tersebut dengan masuk ke menu setelan dan baterai. Pilih beberapa aplikasi yang jarang Kamu gunakan atau yang menguras daya baterai dengan cara menutupnya.

8. Gunakan Baterai Original


Dengan beberapa alasan seperti ingin membuat baterai lebih awet, banyak orang malah menggunakan baterai pengganti untuk smartphone mereka. Hal tersebut justru bisa membuat daya cepat habis, dan justru merusak ponsel. Pastikan Kamu menggunakan baterai asli pabrikan smartphone dan lakukan pengisian daya hanya menggunakan charger asli.

Itulah 8 tips menghemat baterai smartphone untuk performa yang tahan lama yang dapat kamu aplikasikan. Semoga bermanfaat.
Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Menghemat Baterai Smartphone untuk Performa yang Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd