Advertisement

6 Tips Memilih Smartphone Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

6 Tips Memilih Smartphone Yang Tepat Sesuai Kebutuhan - Apa yang menjadi pertimbangan utama Kamu saat akan membeli smartphone? Apakah sistem operasinya, tampilan (display), atau justru kapasitas kameranya? Namun, tak jarang pula orang lebih mementingkan merek smartphone ketimbang kapabilitas dan fitur yang diusung di dalamnya demi mengejar status.

Tidak bisa dimungkiri, sistem operasi dari Android dan Apple saat ini memang tengah merajai pasar persaingan ponsel pintar alias smartphone. Keduanya banyak menjadi pilihan berkat spesifikasi yang diusung untuk mendukung performa dan kinerja ponsel dalam melakukan task. Jika Apple hanya memiliki satu line ponsel pintar, yaitu iPhone, Android diadopsi oleh berbagai produsen smartphone terkemuka seperti Samsung, Motorola, Oppo, HTC, dan sebagainya.

6 Tips Memilih Smartphone Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Menjamurnya brand pembuat ponsel membuat Kamu harus lebih teliti dalam membeli. Untuk membantu menentukan mana yang terbaik, simak tips memilih smartphone yang tepat sesuai kebutuhan berikut ini.

Tips Memilih Smartphone Yang Tepat Sesuai Kebutuhan


1. Sistem Operasi


Jika Kamu berpikir bahwa jenis sistem operasi yang tersedia untuk ponsel hanya ada dua, coba pikir ulang. Beberapa tahun yang lalu, Blackberry sempat menjadi primadona di tengah pasar smartphone berkat aplikasi chatting BBM yang mengedepankan fitur privasi dan keamanan. Kabanyakan pengguna Blackberry merupakan kalangan profesional yang mementingkan kerahasiaan data.
Android yang diluncurkan oleh Google menjadi salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan karena performanya yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sistemnya yang bersifat open source memiliki kelebihan dan kekurangan, selain fleksible, Android rentan terhadap serangan virus.

Selanjutnya, ada sistem operasi iOS yang dikembangkan oleh perusahaan Apple yang mengedepankan soal keamanan, privasi, serta gaya hidup masa kini. Tak heran, kebanyakan pengguna iPhone adalah kalangan menengah ke atas, hal itu karena smartphone dari Apple dijual dengan harga yang cukup mahal.

Sistem operasi lainnya yang digunakan pada ponsel pintar adalah keluaran Windows. Sayangnya, ponsel dengan sistem operasi ini tidak terlalu populer meski menawarkan kepraktisan.

2. Pilih Berdasarkan RAM dan Ruang Penyimpanan


Jika Kamu hobi menangkap momen atau mementingkan fitur entertainment pada sebuah ponsel, tips memilih smartphone yang tepat adalah dengan melihat kapasitas ruang penyimpanan serta RAM. Idealnya, sebuah smartphone standar harus memiliki kapasitas RAM sebesar 2 GB. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah ponsel menjadi lemot saat melakukan performanya. Semakin besar kapasitas RAM, Kamu bisa menjalankan beberapa program seperti menulis pesan, mendengarkan musik, membuka aplikasi media sosial, dan sebagainya sekaligus.

Selain RAM, Kamu juga harus memperhatikam ruang penyimpanan, untuk melakukan penyimpanan data, kapasitas ideal yang bisa dipilih adalah sekitar 8 GB sampai 32 GB atau lebih.

3. Pilih Smartphone dengan Performa Terbaik


Salah satu indikator yang digunakan untuk melihat apakah sebuah smartphone memiliki performa yang baik adalah dengan melihat CPU dan GPU yang digunakan. Terdapat beberapa macam CPU yang ada pada smartphone, seperti MediaTek, Snapdragon, Exynos dan sebagainya.

Selain CPU smartphone juga didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit). GPU adalah semacam chip yang digunakan pada smartphone, khususnya OS android sebagai perangkat yang berfungsi sebagai pengolah data grafis. Macam-macam GPU diantaranya Adreno, Mali, PowerVR dan sebagainya.

4. Kapasitas dan Ketahanan Baterai


Tips memilih smartphone yang tepat selanjutnya bisa dilakukan dengan melihat kapasitas dan ketahanan baterai yang digunakan. Jika Kamu adalah individu aktif dan sering menghabiskan waktu dengan smartphone di luar ruangan kapasitas baterai akan sangat berpengaruh.

Coba bayangkan jika sedang berada di luar ruangan tanpa ada sambungan listrik, lalu ponsel Kamu kehabisan daya. Idealnya, sebuah smartphone harus memiliki minimal kapasitas baterai sebesar 2.000 mAh. Namun, jika Kamu adalah pengguna ponsel yang intens, sebaiknya membeli smaprtphone yang memiliki kapasitas baterai di atas 3.000 mAh.

5. Tampilan (Display) dan Ukuran Layar


Saat ini, kebanyakan produsen ponsel pintar membuat produknya dengan ukuran layar sebesar 5 inci atau lebih. Hal tersebut juga menjadi referensi pengguna yang lebih suka melihat gambar dan video dalam tampilan layar yang lebih besar.

Tergantung pada penggunaan, resolusi layar yang bisa Kamu pilih minimal memiliki ukuran 720 piksel. Namun, jika Kamu adalah penggemar film atau suka menonton fitur-fitur hiburan melalui smartphone, ada baiknya untuk memilih ponsel dengan kapasitas display HD (High Definition). Namun, perlu diingat bahwa ukuran fisik sebuah ponsel juga bisa memengaruhi penyimpanannya. Kamu harus siap menenteng ponsel berukuran besar atau membawa tempat penyimpanan ekstra.

6. Merek Ponsel


Hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih smartphone lainnya adalah melihat merek atau produsennya. Hal tersebut juga cukup berpengaruh dalam melihat track record produk yang telah diluncurkan sebelumnya, apakah performanya baik, memiliki ulasan yang baik dari pengguna, atau yang lainnya. Lain produsen lain pula pelayanan yang diberikan. Ada beberapa merek yang menawarkan garansi ponsel lebih lama dibandingkan yang lainnya.

Itulah 6 tips memilih smartphone yang tepat yang dapat kita terapkan. Pastikan ponsel yang Kamu pilih memiliki kinerja, performa, serta kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email :

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Memilih Smartphone Yang Tepat Sesuai Kebutuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel