Tips Menulis Artikel Yang Baik dan Menarik Untuk Sebuah Blog

Tips Menulis Artikel Yang Baik dan Menarik Untuk Sebuah Blog  - Kamu gemar menulis? Memiliki blog dan ingin mengetahui cara menulis konten yang unik dan menarik? Jika iya, tips ini akan bermanfaat untuk Kamu. Sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas tulisan kita dan menarik pembaca sekaligus memperoleh feedback dari mereka. Namun, kunci pertama yang harus diingat adalah bagaimana supaya tulisan kita memiliki bobot dan membuat pengunjung blog kita tidak bosan membaca. Selain hal-hal yang besifat teknis, tips menulis artikel yang baik juga bisa menyangkut isi dan kualitas tulisan.

Tips Menulis Artikel Yang Baik dan Menarik Untuk Sebuah Blog

Sebenarnya, menulis bukanlah hal yang terlalu rumit, terutama jika dituangkan untuk keperluan blog personal. Bahasanya pun bisa disesuaikan dengan gaya masing-masing, tapi dengan memerhatikan target pembaca blog kita. Lalu, apa saja tips menulis artikel yang baik dan menarik untuk sebuah blog? Yuk, kita simak ulasannya.

Tips Menulis Artikel Yang Baik dan Menarik Untuk Sebuah Blog


1. Menulis Artikel dengan Tema yang Unik & Belum Pernah Di Bahas


Untuk melakukan hal ini, memang dirasa cukup sulit bagi sebagian orang karena memerlukan orisinalitas. Dalam hal ini, menulis pengalaman pribadi dan menuangkannya dalam sebuah opini atau cerita bisa membantu artikel Kamu lebih fresh dan asli.

Namun, jika Kamu memutuskan untuk menulis sebuah topik atau pembahasan yang pernah ditulis orang lain sebelumnya, cara termudah untuk menjaga orisinalitas tulisan adalah dengan menuangkan sudut pandang yang berbeda. Cobalah untuk membahas suatu informasi dari sisi lain, tawarkan pembaca alternatif ide yang segar tanpa memengaruhi konten utama. Cara lain, cobalah untuk menggali informasi lebih dalam terkait artikel yang ingin ditulis supaya memberikan pengetahuan baru kepada pembaca.

2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti


Tips menulis artikel yang baik untuk sebuah blog selanjutnya adalah dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Terkadang, saat menulis ulasan tentang suatu produk atau peristiwa, secara tidak sadar kita menggunakan istilah-istilah asing yang jarang digunakan oleh masyarakat secara umum.

Penggunaan bahasa yang rumit akan membuat pembaca bingung dan dapat membuat mereka meninggalkan blog kita. Cara termudah untuk mengecek apakah tulisan Kamu sudah “enak” dibaca atau belum adalah dengan membacanya ulang. Setelah menulis artikel, posisikan diri Kamu sebagai pengunjung blog yang ingin mencari informasi dari artikel yang ditulis.

Apakah pesan tulisan tersampaikan? Apakah Kamu mengerti arti kata-kata yang ada? Atau apakah alur yang ditulis sudah pas? Dengan demikian, Kamu bisa merasakan peran sebagai pembaca dan mengoreksi apabila ada kata-kata yang perlu diperbaiki.

3. Perbanyak Referensi Bacaan Kamu


Seorang penulis yang baik adalah seorang pembaca yang baik. Hal tersebut sangatlah tepat, karena orang yang banyak membaca tentu memiliki banyak sumber informasi untuk ditulis. Salah satu tips menulis artikel yang baik untuk blog adalah dengan memperkaya bahan bacaan Kamu. Misalnya, jika ingin menulis tentang topik seputar teknologi atau gadget, maka Kamu harus banyak-banyak membaca tulisan lain yang membahas topik yang sama.

Selain memperkaya informasi dalam artikel yang ditulis, banyak membaca juga bisa membantu Kamu menemukan style atau gaya menulis yang paling pas. Membaca juga bisa memunculkan sisi logis kita dalam berpikir atau merespons suatu informasi. Saat kita merasa enjoy dalam membaca karya orang lain, mau tidak mau kita akan termotivasi untuk menghasilkan tulisan dengan kualitas tulisan yang sama baiknya atau bahkan lebih baik.

4. Munculkan Interaksi dengan Pembaca


Banyak orang berpikir bahwa menulis merupakan komunikasi satu arah yang dilakukan oleh penulis kepada pembacanya. Padahal, Kamu bisa membangun komunikasi dengan cara memancing pembaca untuk berpikir, dan akhirnya menyampaikan pendapatnya melalui kolom komentar.

Tips ini bisa dilakukan dengan melontarkan beberapa pertanyaan di dalam tulisan. Dengan demikian, audiens Kamu akan tertarik untuk menyumbangkan pemikiran mereka dan memberikan feedback.

Itulah beberapa tips menulis artikel yang baik dan menarik untuk sebuah blog. Ingat, semakin sering kita melatih kemampuan menulis, semakin baik pula kemampuan kita untuk melakukan evaluasi dan menghasilkan tulisan yang lebih baik. Selamat menulis!
Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Tips Menulis Artikel Yang Baik dan Menarik Untuk Sebuah Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd