8 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Sebuah Blog

8 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Sebuah Blog - Jika dipikir-pikir, rasanya tidak banyak orang yang memiliki blog personal. Namun, berkat menjamurnya media sosial yang turut serta berdampak pada pengguna internet, jumlah blogger pun semakin bertambah. Kebanyakan, mereka baru menyadari manfaat memiliki sebuah blog dari proses berkembangnya informasi di kalangan masyarakat.

8 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Sebuah Blog

Sayangnya, banyak dari para blogger tersebut yang hanya memanfaatkan blog sebagai lapak jualan. Padahal, ada banyak manfaat memiliki sebuah blog jika dihubungkan dengan konteks pengembangan diri. Lalu, apa saja manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan memiliki sebuah blog

Manfaat dan Keuntungan Memiliki Sebuah Blog


1. Membangun Personal Branding


Bisa dibilang, blog adalah “kamar” pribadi Kamu di dunia maya yang bisa diakses oleh banyak orang. Di ruang tersebut, Kamu bebas menulis atau mengunggah apapun yang disukai, termasuk menulis cerita, puisi, bahkan mengunggah video. Update rutin yang dilakukan saat nge-blog bisa membuat pembaca laman Kamu semakin mengenal pribadi Kamu. Di sana, blogger pun bisa mulai membangun karakter yang ingin ditunjukkan kepada audiens dunia maya mereka.

2. Memulai Suatu Usaha


Tidak bisa dimungkiri, salah satu alasan terbesar seseorang mulai menulis dalam blog adalah untuk mengembangkan atau memulai suatu usaha. Tidak jarang, menulis blog yang awalnya hanya merupakan hobi, bisa berubah menjadi bisnis full-time, bahkan menjadi seorang online entrepreneur.

3. Blog Membantu Mendapatkan Pekerjaan yang Lebih Baik


Saat menulis sebuah daftar riwayat hidup atau curriculum vitae, apakah Kamu pernah mencantumkan akun media sosial? Jika belum, mulailah untuk menuliskannya. Salah satu manfaat memiliki sebuah blog adalah membuat perusahaan melihat online profile kita sebelum merekrut. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh MediaBistro, 90% perusahaan akan memeriksa profil kita secara online karena dianggap memiliki pengaruh cukup kuat terhadap kepribadian. Hal ini juga berhubungan dengan membangun personal branding yang telah disebutkan di atas,orang lain mampu melihat hobi kita, kegiatan kita, minat, bahkan karakter melalui blog.

4. Mengasah Kemampuan Sebagai Penulis


Salah satu manfaat memiliki sebuah blog yang paling terasa adalah mengasah kemampuan kita dalam hal menulis. Memang sebuah blog bisa diisi apapun, tapi tulisan masih mendominasi konten sebuah blog, baik dalam bentuk cerita maupun deskripsi singkat. Bahkan, tak jarang seseorang memulai karirnya sebagai penulis profesional dari menjalani pekerjaan sebagai blogger. Hal ini tentang bagaimana membuat orang betah membaca tulisan kita, bahkan memberikan umpan balik.

5. Menjadi Orang yang Berpengaruh


Tak jarang, manfaat memiliki sebuah blog juga bisa membuat kita menjadi orang yang berpengaruh. Mengapa demikian? Hal itu bisa terjadi ketika kita mampu menulis opini dan pemikiran kita menggunakan bahasa yang lugas dan bisa dimengerti banyak orang, serta masuk akal. Sebuah pepatah mengatakan bahwa tulisan lebih tajam daripada pedang. Maksudnya, kita bisa memengaruhi pemikiran orang lain melalui tulisan-tulisan yang kita buat dan merengkuh pendukung, pengagum, bahkan rasa hormat.

6. Learning by Doing


Beberapa keahlian baru bisa kita peroleh dengan cara aktif nge-blog dan menerbitkan tulisan secara online. Selain belajar menulis, kita bisa mengasah kemampuan kita, seperti HTML, CSS, serta desain tampilan situs yang digunakan. Keterampilan-keterampilan seputar teknologi informasi tersebut adalah modal dasar yang bisa kita bawa untuk bersaing di masa depan. Kamu juga bisa belajar soal marketing digital, desain grafis, serta sosial media.

7. Memperdalam Wawasan dan Keahlian


Aktif nge-blog akan membuat kemampuan dan wawasan kita meningkat. Penjelasannya seperti ini: Kamu menulis sebuah pembahasan sesuai bidang, minat, dan kemampuan yang dimiliki. Semakin sering menulis, semakin banyak pula informasi yang harus dibaca demi mempertajam tulisan kita. Mau tidak mau, kita akan memperoleh pengetahuan baru setiap kali menuliskan tentang hal yang baru. Bahkan, ada juga blogger yang ahli dalam bidang tertentu, dan membangun “niche” blog sesuai bidang yang dikuasai.

8. Membangun Jaringan


Hal lain yang bisa Kamu rasakan dari manfaat memiliki sebuah blog adalah membangun jaringan pertemanan, baik itu formal maupun nonformal dengan lebih banyak warganet, terutama jika tulisan Kamu mampu menarik umpan balik dari pembaca. Jika warganet meninggalkan komentar atau pesan, usahakan jangan mengabaikannya begitu saja. Blog juga bisa berfungsi sebagai platform komunikasi yang cukup efektif dalam sebuah komunitas, sehingga Kamu bisa dengan mudah berinteraksi dengan orang lain.

Itulah beberapa manfaat dan keuntungan memiliki sebuah blog, masih banyak manfaat dan keuntungan lainnya, seperti mengembangkan ide, aktualisasi diri, sertaajang promosi. Membuat sebuah blog pun bisa dilakukan dengan mudah, selain gratis, aktif nge-blog hanya memerlukan niat, motivasi, serta keinginan yang kuat pada diri kamu. Jika dilakukan secara sungguh-sungguh, Kamu akan merasakan banyak manfaat dari memiliki laman blog personal.
Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "8 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Sebuah Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd