Manfaat Internet Bagi Pelajar dalam Bidang Pendidikan

Manfaat Internet Bagi Pelajar dalam Bidang Pendidikan - Kita sama-sama tahu bahwa internet sudah menjadi bagian dalam keseharian siswa atau pelajar. Sejak kecil mereka sudah akrab dengan gadget yang terkoneksi internet dan melakukan berbagai hal secara online. Hal inilah yang kerap menjadi kekhawatiran orang tua dan orang dewasa pada umumnya.

Pasalnya, internet cenderung membuat pelajar menjadi candu dan berdampak negatif. Mulai dari sekadar lupa waktu ketika sudah online, hingga meniru hal-hal negatif yang banyak beredar di dunia maya. Namun, menjauhkan pelajar dari internet juga bukan hal yang bijak. Hal ini karena mahir menggunakan internet adalah keharusan, jika tak ingin tertinggal jaman.

Manfaat Internet Bagi Pelajar dalam Bidang Pendidikan

Salah satu cara terbaik ialah dengan melakukan pendampingan yang tepat pada pelajar dalam menggunakan internet. Bagaimanapun juga internet membawa banyak manfaat, jika digunakan secara positif. Untuk itu, penting bagi orang tua, pendidik, dan pemerhati dunia pendidikan anak memahami manfaat internet bagi pelajar. Apa sajakah manfaat internet bagi pelajar dalam bidang pendidikan? Simak uraiannya dibawah ini.

Manfaat Internet Bagi Pelajar dalam Bidang Pendidikan


1. Media Pembelajaran yang Efektif


Internet bisa menjadi media yang efektif untuk membantu proses belajar siswa atau pelajar. Lewat internet, para pelajar bisa menemukan informasi lebih detail dan lengkap mengenai pelajaran-pelajaran yang kurang dipahami di sekolah. Internet juga bisa membantu pelajar mencari bahan-bahan untuk tugas kelompok dan tugas-tugas lainnya.

Inilah yang menjadi salah satu alasan semakin banyak sekolah memberikan kemudahan dan kenyamanan mengakses internet di lingkup sekolah. Internet bisa menjadi guru kedua bagi pelajar untuk mendapatkan informasi, ilmu pengetahuan, dan berbagai hal positif penunjang kegiatan belajar-mengajar di sekolah.

Selain itu, penggunaan internet juga mampu melatih kemampuan bahasa para pelajar. Sumber-sumber informasi di dunia maya umumnya tersaji lewat berbagai bahasa, baik Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan sebagainya. Bila pelajar terbiasa online untuk belajar atau mencari informasi, maka secara tidak langsung mereka akan mempelajari ragam bahasa yang ada di internet.

2. Memperluas Wawasan dan Pengetahuan


Salah satu keunggulan internet ialah menyediakan berbagai informasi tanpa batasan ruang dan waktu. Dengan kata lain, pelajar akan mampu dengan mudah memperluas wawasan dan pengetahuannya, kapan pun dan di mana pun.

Berikut beberapa manfaat internet bagi pelajar untuk memperkaya informasi :

a. Internet membantu pelajar menemukan pengetahuan dan informasi baru yang belum atau tidak diperoleh di sekolah.
b. Internet membuka wawasan pelajar memahami berbagai informasi bermanfaat dari seluruh penjuru dunia dan mampu berpikir maju.
c. Internet memungkinkan pelajar menggali ilmu sebanyak-banyaknya tanpa batasan ruang dan waktu. Ini karena internet bisa menjangkau hampir seluruh negara di dunia dan bisa diakses 24 jam.


3. Melatih kreativitas 


Kemahiran menggunakan internet, bisa menjadikan pelajar lebih kreatif dan inovatif. Secara tidak langsung, pelajar akan terlatih menciptakan inovasi-inovasi lewat ide-ide yang di dapatkan di dunia maya. Ide-ide itu bisa muncul dari informasi yang mereka baca, sosok-sosok panutan yang mereka tiru, dan sebagainya.

Umumnya pelajar akan bersemangat dan termotivasi, ketika menemukan sesuatu yang disukai lewat internet. Mereka akan cenderung lebih aktif pada hal-hal yang menjadi kegemaran, sedang menjadi perhatiannya, atau membuatnya penasaran. Bentuk keaktifan itu mulai dari mencari lebih banyak informasi, hingga melakukan eksperimen langsung.

Di sini pentingnya peranan orang tua dan pendidik dalam mengarahkan kreativitas pelajar. Orang dewasa sebaiknya mampu memberikan wadah dan menemukan cara yang tepat dalam membantu pelajar mengembangkan kreativitasnya. Misalnya dengan menemukan bakat dan talenta pelajar lewat kegiatan ekstrakurikuler, mengajak berdiskusi tentang masa depan, dan lain-lain.

4. Sarana Komunikasi dan Sosialisasi


Salah satu manfaat internet bagi pelajar yang paling sering digunakan ialah sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi. Biasanya mereka akan membuat akun jejaring sosial untuk bisa bertukar informasi di dunia maya. Lewat media sosial, pelajar bisa chatting dengan teman, guru, dan orang tua. Pelajar bisa membuat grup-grup khusus untuk belajar dan tanya-jawab melalui  WhatsApp, Facebook, Line dan berbagai media sosial lainnya.

Tidak hanya dalam lingkup sekolah, internet memungkinkan pelajar menjalin pertemanan dengan orang lain di luar sekolah, luar daerah, luar kota, bahkan luar negeri. Lewat sambungan internet, para pelajar bisa bertukar informasi, pemikiran, materi pelajaran dengan siapa pun di dunia maya.
Keseruan berkomunikasi dan bersosialisasi lewat internet inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh para pendidik dalam memberikan pelajaran pada siswanya. Biasanya guru memberikan materi atau membuka diskusi secara online, untuk memudahkan pelajar atau siswa belajar, merasa tidak bosan, dan lebih bersemangat.

5. Mahir Memanfaatkan Teknologi secara Positif


Mampu mengakses internet juga memungkinkan pelajar mengetahui banyak hal mengenai komputer dan teknologi. Mulai dari pengetahuan dasar seperti cara menggunakan search engine, mengirim email, dan sebagainya hingga pemahaman mengenai alat-alat yang membuat sambungan internet.
Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Internet Bagi Pelajar dalam Bidang Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd