Macam-Macam Media Komunikasi Beserta Fungsinya

Macam-Macam Media Komunikasi Beserta Fungsinya - Pernahkan kita membayangkan bagaimana hidup tanpa komunikasi? Sebagai makhluk sosial, tentu saja kita perlu bersosialisasi, meminta pertolongan, serta hidup berdampingan dengan orang lain. Pentingnya interaksi tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya hubungan antarmanusia, sekaligus mendukung tersebarnya informasi yang tersebar di ruang publik. Macam-macam media komunikasi pun dibedakan berdasarkan fungsi dan bentuknya, ada yang memiliki fungsi produksi, dan ada pula yang berfungsi sebagai perantara penyampaian informasi.

Macam-macam media komunikasi yang tersedia di lingkungan kita membuat hubungan dengan satu sama lain menjadi semakin mudah. Bahkan, hampir tidak ada manusia yang hidup di dunia ini bisa berinteraksi tanpa adanya media komunikasi.

Macam-Macam Media Komunikasi Beserta Fungsinya


Sebelum kita membahas macam-macam media komunikasi, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis media berdasarkan fungsi dan bentuknya.

Macam-Macam Media Komunikasi Beserta Fungsinya


Jenis-Jenis Media Komunikasi Berdasarkan Pada Fungsinya


1. Media Komunikasi dengan Fungsi Produksi


Sebuah media komunikasi dikatakan memiliki fungsi produksi jika mampu menghasilkan beragam informasi, seperti komputer pemrograman, pengolah kata, dan lain sebagainya

2. Media Komunikasi dengan Fungsi Reproduksi


Dalam hal ini, sebuah media komunikasi dikatakan memiliki fungsi reproduksi jika memiliki kemampuan untuk menggandakan informasi atau mencetak ulang sebuah data. Salah satu contoh jenis media yang memiliki fungsi ini adalah perekam suara atau perekam video.

3. Media Komunikasi dengan Fungsi Penyampaian Informasi


Jenis media komunikasi yang satu ini merupakan yang paling banyak dikenal masyarakat luas. Fungsinya, apa lagi jika bukan untuk menyebarluaskan informasi kepada target audiens. Beberapa jenis media yang termasuk memiliki fungsi ini adalah surat, telepon, mesin faksimili, dan sebagainya.

Macam-Macam Media Komunikasi Berdasarkan Bentuknya


Selain dibedakan berdasarkan fungsinya, media komunikasi juga memiliki jenis yang beragam, sesuai bentuknya. Apa saja?

1. Media Berbentuk Cetak


Media cetak atau printed media adalah suatu sarana yang diedarkan dalam bentuk cetak untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi. Beberapa jenis media jenis cetak yang paling terkenal adalah surat kabar, brosur, majalah, buletin, dan sebagainya.

2. Media Berbentuk Audio


Dewasa ini, penerimaan media yang berbentuk audio semakin populer, dan menjadi sarana penyampaian informasi yang cukup efektif. Penerimaan informasi dilakukan melalui indra pendengaran seperti radio dan telepon.

3. Media Berbentuk Visual


Penerimaan informasi melalui media berbentuk visual hanya bisa diterima melalui indra penglihatan. Cara ini populer pada zaman dulu, saat banyak orang ramai mengirimkan informasi melalui foto.

4. Media Berbentuk Audio Visual


Belakangan ini, media berbentuk audio visual meraih kepopuleran yang tinggi di kalangan masyarakat, terutama karena efektivitas dan efisiensinya. Dengan menggunakan media jenis ini, orang-orang bisa mengakses informasi menggunakan indra pendengaran dan penglihatan mereka, contohnya, televisi, video konferensi, dan sebagainya.

Macam-Macam Media Komunikasi Populer


Penggunaan media komunikasi di zaman modern semakin maju dan kebanyakan didominasi oleh bentuk digital. Berikut ini adalah penjelasan tentang macam-macam media komunikasi yang sering digunakan oleh masyarakat modern.

1. Surat dan Kartu Pos


Meski terkesan kuno, tapi penggunaan surat dan kartu pos masih sering dijumpai di tengah masyarakat. Surat dan kartu pos biasa digunakan untuk bertukar informasi dengan sahabat pena atau rekan yang berada di luar negeri. Banyak juga yang memanfaatkan kartu pos yang diterima sebagai koleksi pribadi. Selain itu, surat dan kartu pos juga dirasa sebagai salah satu media yang aman dari penyadapan digital.

2. Ponsel Pintar


Ponsel pintar atau smartphone memiliki posisi yang sangat penting di tengah masyarakat modern sebagai media komunikasi. Saat ini, hampir tidak ada satu pun masyarakat perkotaan yang tidak memiliki gadget yang satu ini. Penggunaan media ponsel pun semakin berkembang. Jika dulu orang hanya memanfaatkannya untuk menelpon atau mengirim SMS, ponsel pintar saat ini juga berfungsi untuk melakukan panggilan video, memutar audio, dan mengakses internet untuk mencari informasi di dunia maya.

3. Surat Kabar


Sama seperti surat dan katu pos, surat kabar juga merupakan satu dari macam-macam media komunikasi yang dianggap “jadul” oleh beberapa orang. Namun, penggunaannya dalam menyampaikan informasi masih dianggap efektif. Surat kabar biasanya terbit setiap hari, dan memuat data serta informasi seputar berita terkini yang terjadi di tengah masyarakat.

4. Televisi


Televisi adalah sebuah media komunikasi yang mudah dijumpai hampir di tiap-tiap rumah. Coba tanyakan kepada diri sendiri, berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menonton televisi? Media ini adalah salah satu yang paling efektif untuk menyampaikan berbagai bentuk informasi, baik yang sifatnya edukatif maupun hiburan.

Itulah macam-macam media komunikasi beserta fungsi dan bentuknya. Beberapa jenis media populer memiliki tingkat efektivitas dan efisiensi yang lebih tinggi karena didukung sistem teknologi yang canggih. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih media komunikasi adalah keabsahan informasi yang diterima.
Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Media Komunikasi Beserta Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd