Tujuan dan Manfaat Media Sosial di Berbagai Bidang

Tujuan dan Manfaat Media Sosial di Berbagai Bidang - Di era modern ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial. Tujuannya beragam dan yang paling mendominasi ialah sebagai media hiburan di sela-sela kesibukan. Keseruan media sosial terkadang membuat siapa saja yang memainkannya menjadi lupa waktu. Bahkan sejumlah survei membuktikan bahwa rata-rata manusia modern mengakses sosial media lebih dari tiga jam setiap hari.

Tahukah kamu bahwa media sosial tak hanya sebagai media hiburan, lalu apa saja manfaat dari media sosial? Simak urainnya dibawah ini.

Tujuan dan Manfaat Media Sosial di Berbagai Bidang

Tujuan dan Manfaat Media Sosial di Berbagai Bidang


1. Sebagai Media Bersosialisasi


Kamu pasti sudah paham bahwa manfaat utama media sosial ialah untuk berkomunikasi dengan teman-teman lama atau menjalin pertemanan baru. Sehari-hari, Kamu bisa memanfaatkan sejumlah fitur menarik untuk berkomunikasi, seperti chatting, video call, menulis status di wall, story, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, dengan adanya media sosial kita juga dapat berbagi informasi, foto, video, atau tulisan. Media sosial juga memungkinkan penggunanya membentuk komunitas atau grup-grup yang membahas berbagai hal yang kita sukai. Contohnya dengan bergabung ke berbagai komunitas yang ada di media sosial, selain itu Kamu juga bisa berbagi hal-hal yang inspiratif pada pengguna sosial media lainnya.

2. Sebagai Media Ekspresi Diri


Bentuk ekspresi diri yang disalurkan lewat media sosial dimaknai secara berbeda-beda oleh penggunanya. Paling sederhana ialah mengungkapkan perasaan senang, sedih, marah, bahagia, dan sebagainya lewat status di wall. Sejumlah pengguna memahami manfaat media sosial seperti buku diary. Mereka menuliskan curhatan-curhatan sehari-hari lewat fitur-fitur menarik yang disediakan oleh berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, WhatsApp, dan sebagainya.

Namun, Kamu perlu tahu bahwa media sosial juga sangat efektif sebagai media penyalur hobi. Lewat media sosial, Kamu bisa bertemu teman-teman dengan hobi yang sama, memposting karya, meng-update aktivitas seputar hobi, berkomunikasi dalam komunitas, mengikuti perlombaan, dan sebagainya.

3. Sebagai Media Hiburan


Kamu pasti sudah merasakan besarnya manfaat media sosial sebagai media hiburan. Mulai dari update postingan terbaru dari teman-teman Kamu, membuat postingan sendiri, berbagi tulisan, foto, atau video menarik, hingga menyimpan berbagai foto atau video menarik di akun media sosial Kamu.

Dengan kata lain, media sosial bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat diri sendiri menjadi lebih rileks. Tidak ada salahnya melepas penat dari rutinitas yang padat dengan membuka sosial media di sela-sela waktu istirahat dan mencari hiburan.

4. Sebagai Media Informasi


Salah satu manfaat media sosial saat ini ialah banyaknya informasi terbaru, terunik, dan terupdate yang dibagikan oleh sesama pengguna. Layaknya media massa, Kamu bisa menemukan berbagai bentuk informasi seperti tips, berita, ulasan pakar, dan sebagainya. Hal-hal yang dibahas juga beragam seperti dunia politik, sosial, budaya, ekonomi, komputer, hukum, dan lain-lain.

Daya tarik lainnya, media sosial juga kerap dijadikan media berbagi lowongan pekerjaan, info perlombaan, dan hingga sarana meminta bantuan. Ya, segala bentuk informasi bisa diakses lewat sosial media dan tugas pengguna ialah mampu menyaring informasi-informasi yang bermanfaat.

5. Sebagai Media Untuk Mencari Penghasilan


Tahukah Kamu bila media sosial juga sangat efektif untuk mencari penghasilan? Contoh sederhananya, Kamu bisa menjual barang atau jasa lewat Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan berbagai media sosial lainnya. Dalam hal ini kamu juga dapat mempelajari teknik promosi lewat sosial media. Beberapa teknik promosi di media sosial beragam, seperti menggunakan fitur Facebook Ads, Instagram Ads dan berbagai media periklanan lainnya.


Sudah banyak pengguna sosial media membuktikan bahwa berjualan lewat dunia maya bisa mendatangkan penghasilan. Jika Kamu tertarik menggunakan manfaat sosial media ini belajarlah dari para pendahulu atau pakar. kamu bisa mempelajari ilmunya, lakukan inovasi, dan coba memulai berbisnis dengan memanfaatkan fitur-fitur menarik di sosial media. Kamu bisa mempelajari ilmu sukses mereka melalui forum diskusi, kelas marketing online, atau tulisan-tulisan mereka di dunia maya.

Itulah sejumlah manfaat sosial media di berbagai bidang. Bagaimana? Apakah Kamu bisa melihat manfaat, menemukan ide, atau peluang dari kelebihan-kelebihan di atas? Jika belum, Kamu bisa mengeksplorasi fitur-fitur yang ada di sosial media. Fitur-fitur yang terus diperbaharui oleh pengembangnya dan tentunya menambah manfaat untuk para penggunanya. Dengan kata lain, beberapa manfaat di atas bisa saja terus bertambah, seiring pembaruan dan kemajuan teknologi.

Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Tujuan dan Manfaat Media Sosial di Berbagai Bidang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd