Jenis-Jenis Surat Berdasarkan Segi Pemakaiannya

Jenis-Jenis Surat Berdasarkan Segi Pemakaiannya - Surat merupakan media komunikasi, surat di gunakan untuk menyampaikan pesan kepada penerima surat, isi surat berupa informasi atau hal lain yang bersifat resmi maupun tidak resmi. Didalam penulisan surat, penggunaan bahasa dan pemakaian kata dalam penulisan surat berkaidah kepada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) atau menggunkan sistem penulisan berdasarkan  EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), namun hal tersebut tentunya tergantung dari jenis surat, surat dinas biasanya menggunakan bahasa yang baku atau sesuai EYD, sedangkan surat pribadi dapat di tulis dengan bahasa sehari-hari atau bahasa tidak baku.

Jenis-Jenis Surat Berdasarkan Segi Pemakaiannya

Untuk menulis surat, khususnya surat resmi terdapat bagian-bagian seperti kepala surat, tanggal surat, nomor surat dan lain-lain, struktur surat tersebut merupkan bagian-bagian penting yang perlu di perhatikan dalam pembuatan surat. Setiap jenis surat biasanya memiliki beberapa perbedaan dalam penulisannya, seperti struktur penulisan surat, bahasa yang digunakan dalam penulisan surat (baku atau tidak baku) dan lain- lain.

Jika kita lihat dari segi pemakaiannya, terdapat empat macam jenis surat, lalu apa sajakah jenis-jenis surat berdasarkan pemakaiannya? Simak uraiannya dibawah ini.

Jenis-Jenis Surat Berdasarkan Segi Pemakaiannya


1. Surat Pribadi (Surat Untuk Urusan Pribadi)


Surat pribadi adalah surat yang biasanya ditulis untuk urusan pribadi. Menulis surat pribadi tidak harus menggunakan bahasa baku, untuk menulis surat pribadi yang bersifat privat (surat pribadi untuk sahabat, keluarga, teman dan sebagainya) dapat menggunakan bahasa sehari-sehari atau bahasa tidak baku.

Jika kita lihat dari isinya surat pribadi di bedakan atas dua macam, yaitu surat pribadi yang bersifat privat atau surat pribadi yang biasanya ditulis untuk sahabat, keluarga atau pun teman dan surat pribadi yang isinya bersifat resmi, seperti surat yang dikirim pejabat dalam suatu instansi kepada organisasi.

2. Surat Pemerintah atau Surat Dinas (Surat Resmi Untuk Kepentingan Dinas)


Sesuai dengan namanya surat pemerintah atau surat dinas adalah surat resmi yang dikirim untuk keperluan atau kepentingan dinas atau untuk kepentingan pemerintah. Penulisan surat dinas menggunakan bahasa baku.

3. Surat Sosial


Berdasarkan segi pemakaiannya jenis surat lainnya adalah surat sosial, surat sosial adalah surat yang digunakan oleh organisasi kemasyarakatan. Surat sosial di gunakan untuk kepentingan suatu organisasi atau pun digunakan sebagai kepentingan sosial.

4. Surat Niaga atau Bisnis


Pemakaian bahasa yang lebih luwes dan tentunya tetap bersifat resmi adalah ciri dari surat niaga atau bisnis. Surat Niaga atau bisnis juga memakai bentuk-bentuk yang bervariasi. Surat Niaga atau Bisnis biasanya di buat untuk keperluan suatu perusahaan Niaga yang bertujuan untuk urusan perdagangan.

Demikian artikel tentang  jenis-jenis surat berdasarkan segi pemakaiannya. Semoga bermanfaat.
Anur Al Hadyd Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Surat Berdasarkan Segi Pemakaiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung! Jangan ragu untuk memberikan dukungan. Kamu bisa ngasih jajan buat penulis lewat nihbuatjajan.com/hadyd