Kelebihan dan Kekurangan Teknologi dalam Bidang Pendidikan

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi dalam Bidang Pendidikan - Dengan belajar, terutama di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru. Kemudian, Anda dapat menerapkannya dalam hidup Anda. Didukung dengan aplikasi teknologi, proses studi menjadi jauh lebih efektif dan membawa banyak hal yang baik.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi dalam Bidang Pendidikan

Selain banyaknya manfaat positif, teknologi juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan khususnya dalam bidang pendidikan yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Di sini, kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan teknologi khususnya dalam bidang pendidikan. Apa saja kelebihan dan kekurangan Teknologi dalam Bidang Pendidikan? Simak uraiannya dibawah ini.

Kelebihan Teknologi dalam dalam Bidang Pendidikan


1. Metode Belajar yang Efektif


Dengan adanya teknologi dapat memberikan kemudahan kepada Manusia dalam melakukan "sesuatu". Dalam hal ini, pendidikan mendapat banyak kelebihan atau keuntungan dari teknologi, salah satunya adalah menciptakan cara yang lebih efektif untuk belajar.

Para pelajar memiliki platform yang lebih baik untuk mempelajari dan memahami berbagai materi dengan bantuan teknologi. Teknologi ini memungkinkan mereka untuk menggunakan platform yang lebih interaktif. Platform semacam ini dapat dengan mudah menunjukkan inti dari studi dan informasi yang ingin di pelajari. Pada akhirnya, mereka dapat belajar lebih cepat daripada metode biasanya.

2. Mudah dan Tidak Terbatas Informasi


Teknologi menghubungkan pelajar dengan sumber informasi yang begitu banyak melalui media internet. Di masa lalu, tanpa teknologi modern, Anda perlu menghabiskan berjam-jam untuk menemukan topik yang ingin Anda pelajari. Selain itu, Anda menghabiskan sebagian besar energi Anda untuk menemukan topik yang membuat proses belajar lebih lambat.

Dengan teknologi modern, terutama teknologi digital dan internet, Anda dapat menemukan semua yang Anda butuhkan dalam hitungan detik. Dengan demikian, Anda menghemat lebih banyak energi dan waktu untuk melakukan hal tambahan. Anda dapat memfokuskan waktu dan energi Anda untuk belajar dan memahami topik.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses berbagai sumber dengan mudah. Kita bahkan dapat mengatakan, dengan teknologi, Anda tidak akan kehabisan informasi dan sumber daya. Informasi tak terbatas sekarang berada dalam genggaman Anda. Hal ini membantu kita untuk tumbuh dan menjadi lebih baik dan cepat daripada sebelumnya.

3. Nyaman 


Di masa lalu, kami harus membawa banyak buku ke sekolah. Ransel kami terasa berat. Selain itu, jika kita harus membuat tugas atau makalah, kita harus menemukan lebih banyak buku dari perpustakaan sebagai referensi. Itu adalah hal yang baik karena Anda dapat melatih tubuh dan otot. Tapi, kita berbicara tentang belajar dan melatih otak kita di sini. Jadi, jika kita bisa, kita ingin mempermudah aktivitas fisik tersebut dan memfokuskan energi kita pada otak kita.

Teknologi memungkinkan kita untuk melakukan itu dengan mudah. Dengan digitalisasi informasi dan sumber daya, Anda tidak perlu membawa banyak buku. Sebuah perangkat cerdas, laptop ataupun smartphone dengan ukuran yang lebih praktis dapat Anda gunakan untuk mengakses informasi yang Anda butuhkan, tanpa membawa terlalu banyak buku. Anda juga dapat bekerja dan menulis di perangkat tersebut.  Hal ini dapat membuat Anda lebih nyaman dalam belajar bukan?.

Itulah beberapa kelebihan dalam bidang pendidikan. Namun, seperti yang kita katakan sebelumnya, ada juga beberapa kelemahan atau kekurangan yang dapat Anda temukan dari implementasi teknologi dalam bidang pendidikan. Sebagai berikut.

Kekurangan Teknologi dalam Bidang Pendidikan


1. Gangguan


Bila Anda memiliki akses ke banyak sumber di internet untuk menemukan informasi yang Anda ingin pelajari, terkadang Anda juga mendapatkan diri Anda mengakses ke sumber yang tidak perlu lainnya. Keingintahuan adalah sifat manusia. Jadi, itu tidak mengherankan, jika Anda ingin tahu apa yang dapat Anda temukan pada sumber yang tidak perlu. Hasilnya adalah Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencari tahu sesuatu yang tidak terlalu Anda butuhkan, daripada fokus pada apa yang Anda ingin pelajari.

2. Pola Pikir Malas


Kemudahan akses ke segala jenis informasi yang dibawa teknologi ke sistem pendidikan memiliki risiko untuk menciptakan pola pikir malas pada pelajar. Contoh yang mudah adalah ketika para pelajar perlu meneliti topik tertentu, mereka melakukan semua pengumpulan data dengan teknologi, dalam hal ini, itu adalah internet. Mereka tidak pergi keluar dari kelas mereka dan sedang sibuk dengan gadget mereka. Sementara subjek nyata penelitian mereka terletak di luar sana, di dunia nyata.

Jika seorang siswa terus menggunakan metode ini, mereka akan memiliki pola pikir bahwa mereka tidak perlu mengalami secara langsung untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Mereka hanya perlu menggunakan internet untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Padahal kebenaran yang dialami secara langsung akan memberi Anda lebih banyak informasi daripada menggunakan teks sebagai sumber Anda.

3. Biaya yang Mahal


Jika lembaga pendidikan ingin terus memperbarui sistem teknologinya dengan sistem terbaru dan lebih baik, biaya yang mereka butuhkan untuk dibelanjakan tidaklah sedikit. Hal ini juga dapat mempengaruhi biaya pendidikan. Anda dapat dengan mudah menemukan banyak sekolah atau perguruan tinggi dengan biaya tinggi atau bahkan adanya biaya tambahan, untuk memberi mereka teknologi terbaru untuk belajar.

Biaya semakin tinggi karena pertumbuhan teknologi yang begitu cepat. Anda dapat dengan mudah menemukan teknologi baru setiap tahun dan bahkan setiap bulan. Untuk menjaga teknologi dalam pendidikan berjalan seiring dengan pertumbuhan yang cepat, lebih banyak biaya yang diperlukan.

Kesimpulan

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan teknologi dalam bidang pendidikan. Kelebihan yang dapat kita temukan membawa banyak hal baik yang dapat meningkatkan sistem pendidikan. Meskipun juga memiliki kelemahan dan kekurangan, dengan manajemen yang tepat, efek buruk tersebut dapat di minimalisasi. Itu semua tergantung pada lembaga pendidikan yang menggunakan teknologi, serta para pelajar di lembaga itu. Jika mereka dapat menciptakan keseimbangan yang baik antara penggunaan teknologi dengan pengalaman dunia nyata, kami percaya kita tidak akan memiliki masalah untuk menggunakannya dalam dunia pendidikan.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Teknologi dalam Bidang Pendidikan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel