Advertisement

6 Tips Berbelanja Online yang Aman dan Nyaman

6 Tips Berbelanja Online yang Aman dan Nyaman - Di era digital seperti sekarang, belanja secara online sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat di Indonesia. Karena kemudahan yang diberikan, kita bisa membeli apa saja secara online dan tinggal menunggu barang itu tiba di rumah dengan selamat dan sesuai dengan deskripsi.

6 Tips Berbelanja Online yang Aman dan Nyaman

Sayangnya, belanja online kadang masih memiliki banyak risiko. Kalau kita membeli di toko yang salah, barang yang dikirim bisa saja palsu. Bahkan, ada banyak kasus penipuan seperti barang yang dibeli tidak dikirim ke alamat pembeli.  Untuk mengatasi hal itu, mari kita simak tips berbelanja online di bawah ini.

Tips Berbelanja Online yang Aman dan Nyaman


1. Pilih Web yang Kredibel


Pilih web yang kredibel dalam menjual aneka barang yang Kamu butuhkan. Jangan memilih toko online yang tidak jelas siapa pemiliknya dan bagaimana sistem yang dijalankan di sana. Lakukan riset terhadap toko yang ingin Kamu beli barangnya.

Riset ini bisa dilakukan dengan melihat komentar dari para pembeli pendahulunya. Jenis barang yang dijual di sana, rating, dan juga pelayanannya. Kalau hal-hal seperti ini tidak dimiliki oleh toko online itu, jangan memaksakan diri untuk membeli di sana.

2. Pilih Platform Ecommerce


E-commerce biasanya memiliki mekanisme penahanan dana. Penjual tidak bisa langsung menerima uang yang kita berikan. Kalau barang sudah sampai dan sesuai dengan deskripsi yang dibuat, pembeli bisa melakukan konfirmasi sehingga uang bisa segera disalurkan.

Jika barang yang Kamu inginkan tidak kunjung datang atau tidak sesuai dengan keinginan, Kamu bisa melakukan komplain. Selain itu, barang yang tidak segera dikirim akan secara otomatis membatalkan order dan uang yang Kamu bayarkan bisa dikembalikan.

3. Pilih Toko Resmi


Selain masalah keamanan yang mengakibatkan Kamu kehilangan uang, salah satu kekurangan membeli barang secara online adalah tidak ada kontrol kualitas. Kita tidak bisa melihat kualitas barang yang akan dibeli sehingga ada kemungkinan barang yang dikirim adalah versi imitasinya.

Agar Kamu tidak mendapatkan barang palsu yang secara kualitas berada di bawah barang yang asli, pilihlah toko resmi. Beberapa produsen barang biasanya membuka toko resmi disana. Mereka menjual barang dan mengirimnya langsung dari gudang sehingga secara kualitas tidak perlu diragukan lagu. Carilah toko resmi di dalam e-commece. Selanjutnya pilih barang yang ingin dibeli. Begitu mendapatkan barang yang cocok segera lakukan pembayaran agar barang bisa segera diproses.

4. Jangan Termakan Diskon


Beberapa toko online kerap memberikan diskon besar-besaran dan kadang tidak wajar. Sebelum membeli barang di sana jangan langsung termakan dengan diskon. Biasanya beberapa penjual yang nakal sengaja menaikkan barangnya hingga beberapa kali lipat sebelum akhirnya diberi potongan harga.

Potongan harga yang besar memberikan dampak psikologis yang cukup besar. Kamu akan langsung kepincut untuk membeli padahal harga asli barang itu sama dengan harga yang sudah dapat diskon. Bahkan, ada beberapa barang yang dijual dengan lebih mahal.

Kalau Kamu penasaran dengan harga diskon yang diberikan, kamu dapat mencari informasi terlebih dahulu. Cari barang yang sama dan lihat berapa harga standarnya di pasaran. Dari sana, Kamu bisa tahu apakah diskon ini asli atau palsu.

5. Murah Belum Tentu Berkualitas


Kalau mendapati produk yang diincar memiliki harga tidak masuk akal karena terlalu murah, apa yang Kamu pikirkan. Sebagian besar mungkin langsung membelinya karena barang itu mumpung murah. Padahal murahnya barang itu justru wajib kita curigai.

Barang yang terlalu murah kemungkinannya ada tiga, pertama barang itu palsu atau kualitasnya tidak sama dengan produk asli. Kedua, barang itu dalam keadaan rusak sehingga salah satu cara untuk menjualnya adalah dengan “jual murah”. Terakhir, barang itu second atau rekondisi.

6. Proses Pembayaran Harus Jelas


Proses pembayaran barang harus jelas, misal rekeningnya harus benar atau menggunakan virtual account yang mengarah langsung ke rekening penjual. Usahakan proses pembayaran ini akan diverifikasi secara otomatis. Jadi, Kamu tidak perlu mengirim bukti transfer kepada penjual.
Jangan membeli di toko yang proses pembayarannya terlalu memusingkan. Kalau pembayarannya ribet, kemungkinan kesalahan bisa saja terjadi.

Meski pembayaran bisa diverifikasi dengan jelas, simpan bukti transfer atau transaksi agar jika ada masalah bisa digunakan sebagai bukti yang sah.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email :

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Berbelanja Online yang Aman dan Nyaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel